HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG KUTA MAKMUR KABUPATEN BIREUEN

Detail Cantuman

Skripsi

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG KUTA MAKMUR KABUPATEN BIREUEN

XML

ABSTRA
Salah satu faktor penyebab anak prasekolah kecanduan gadget adalah karena
kesibukan orang tua, sehingga menjadi permasalahan terhadap perkembangan
anak usia prasekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh
orangtua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di
Gampong Kuta Makmur Kabupaten Bireuen. Desain penelitian ini bersifat
analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh orangtua yang mempunyai anak usia prasekolah yang berumur 4-6 tahun
yang berjumlah sebanyak 119 responden menggunakan teknik total sampling.
Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa dilakukan dengan
proses komputerisasi melalui uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan Ada hubungan pola asuh otoriter dalam penggunaan gadget dengan
perkembangan anak usia prasekolah dengan p-value= 0.000 < α=0.05. Ada
hubungan pola asuh demokratis dalam penggunaan gadget dengan perkembangan
anak usia prasekolah dengan p-value= 0.000 < α=0.05. Ada hubungan pola asuh
permisif dalam penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah
dengan p-value= 0.000 < α=0.05. Ada hubungan pola asuh dalam penggunaan
gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah dengan p-value= 0.007 <
α=0.05. Diharapkan untuk orangtua dapat memberikan pola asuh yang positif
dalam penggunaan gadget agar terbentuk tingkat perkembangan anak yang sesuai
dengan tahap perkembangan dan dapat mengevaluasi setiap tingkatan
perkembangan anak untuk mendeteksi adanya keterlambatan pada anak.

ABSTRACT
One of the factors causing preschool children to become addicted to gadgets is
because their parents are busy, so it becomes a problem for the development of
preschool children. This research determines the relationship between parenting
patterns using gadgets and the development of preschool-aged children in
Gampong Kuta Makmur, Bireuen Regency. This research design is analytical with
a cross-sectional approach. The population in this study was all parents who had
preschool children aged 4-6 years, totaling 119 respondents using total sampling
techniques. Data collection using questionnaires. The analysis was carried out
using a computerized process via the chi-square test. Based on the research
results, it was found that there was a relationship between authoritarian parenting
in the use of gadgets and the development of preschool children, with a p-value of
0.000 < α = 0.05. There is a relationship between democratic parenting in the use
of gadgets and the development of preschool children, with a p-value of 0.000 < α
= 0.05. There is a relationship between permissive parenting in the use of gadgets
and the development of preschool children, with a p-value of 0.000 < α = 0.05.
There is a relationship between parenting styles, the use of gadgets, and the
development of preschool children, with a p-value of 0.007 < α = 0.05. It is hoped
that parents can provide positive parenting patterns in the use of gadgets so that
the child's developmental level is formed in accordance with the developmental
stage and can evaluate each level of the child's development to detect any delays
in the child.


Detail Information

Item Type
Penulis
ALIYA NABILA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit S1 Ilmu Keperawatan : STIKes Muhammadiyah Lhoksumawe.,
Edisi
Subyek
No Panggil
618.9 ALI h
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail