KTI
ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK PADA NY.S DENGAN KATARAK DI GAMPONG COT JABET KECAMATAN BANDA BARO KABUPATEN ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena lensa
yang keruh sehingga cahaya sulit untuk mencapai retina dan akan menghasilkan
bayangan yang kabur pada retina. Katarak adalah suatu penyakit yang dialami oleh
lanjut usia akibat dari proses penuaaan dan dapat terjadi pada saat kelahiran
maupun trauma. Tujuan penulis adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan
pada pasien katarak dengan masalah utama gangguan persepsi sensori penglihatan.
yang terdiri dari Pengkajian Asuhan keperawatan pada Ny.S dilakukan selama 3
hari dengan hasil pengkajian pasien mengatakan pandangan mata yang buram dan
bola mata seperti berkabut. Masalah keperawatan yang dijumpai yaitu : Gangguan
persepsi sensori penglihatan, Resiko jatuh, defisiensi pengetahuan. Rencana
tindakan keperawatan yaitu dilakukan pengkajian fungsi penglihatan,
menganjurkan memakai kacamata saat beraktivitas diluar ruangan, menjaga
kebersihan mata, membersihkan lingkungan rumah agar terhindar dari lingkungan
yang licin. Implementasi mengikuti rencana tindakan yang telah disusun
sebelumnya. Strategi pelaksanaan kepada Ny.S dinyatakan berhasil, pasien
menunjukkan bisa menjaga kebersihan mata dan menghindari paparan sinar
matahari langsung terkena mata dengan selalu menggunakan kacamata saat
beraktivitas diluar ruangan. Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan diatas,
maka diharapkan pada pihak Puskesmas Banda Baro Kabupaten Aceh Utara lebih
meningkatkan mutu pelayanan kesehatan lansia yang lebih optimal Agar
meminimalisir terjadinya peningkatan masalah kesehatan pada lansia
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
NURUL ATHIRAH - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | D3 Keperawatan : STIKes Muhammadiyah Lhoksumawe., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
614 NUR a
|
Copyright | |
Doi |